default-logo

Gemerlap di Kota Dingin

trainingmotivasidimalag (3)

Kota Batu memiliki tagline Shining Batu, yang berarti ‘kota Batu yang bersinar’. Sektor pariwisata yang sangat maju membuat kota Batu menjadi kota pariwisata favorit para palancong. Setiap tahunnya jumlah wisatawan ke kota Batu terus meningkat, menjadikan sektor pariwisata sebagai sumber devisa kota Batu. Tak heran sakarang ini makin menjamurnya usaha di bidang pariwisata, baik wisata alam, wisata agro, maupun wisata edukasi.

 

alu alun Batu

alu alun Batu

Destinasi wisata yang selalu ramai pengunjung salah satunya adalah alun-alun Batu. Alun-alun Batu terletak di Jalan Agus Salim Batu. ALun-alun kota Batu sudah ada sejak abad ke-10, dimana saat itu menjadi tempat peristirahatan keluarga pada masa kekuasaan raja Sindok.

alun alun Batu

alun alun Batu

Alun –alun Batu menjadi favorit para wisatawan baik domestic ataupun luar kota karena keindahannya saat siang dan malam hari tanpa tiket masuk alias gratis. Di alun-alun Batu ada beberapa wahana yang disediakan, seperti ferish wheel, playground untuk anak-anak dan kereta. Untuk bisa menaiki Ferish Wheel anda hanya cukup membayar Rp 3000,- per orang. Ferish wheel yang memiliki 17 kabin itu akan membawa anda berputar, saat berada di puncak ketinggian anda bisa melihat pemandangan kota Batu yang sangat indah, apalagi saat malam hari, anda bisa melihat beraneka warna dan bentuk lampion di alun-alun Batu.

alun alun Batu

alun alun Batu

ferish wheel

ferish wheel

Beberapa kolam besar juga ada di dalam alun-alun, toilet, bangku taman yang disediakan pengelola alun-alun dan juga smoking area menambah kelengkapan sarana prasarana di alun-alun tersebut. Selain itu berbagai kuliner tersedia di sekitar alun-alun, baik berupa gerobak-gerobak, café, restaurant atau angkringan. Salah satu café yang terkenal adalah HC Putra, yang mempunyai 3 lantai dengan berbagai macam menu makanan yang disediakan. Ada juga café-café yang menjadi favorit pemuda-pemudi untuk berkumpul selain HC Putra, seperti PInmok, Milkiyaki, Suryana, Kopi Letek, De Maha, dan Nit Not café.

HC Putra Cafe

HC Putra Cafe

Kuliner yang menjadi ikon dan trending adalah ketan. Di sebelah barat laut alun-alun terdapat kedai bernama Pos Ketan Legenda 1967. Kedai yang menyediakan ketan dengan berbagai topping dan rasa ini selalu padat oleh pembeli, bahkan mereka harus mengantri dengan nomor antrian yang cukup panjang untuk dapat menikmati seporsi ketan yang legit dan lezat.

pos ketan Legenda

pos ketan Legenda

playground

playground

Aneka jajanan lain yang ada disekitar alun-alun juga tersedia, seperti crepes, kerak telor, kentang tornado, roti maryam, cilok, jagung serut, sosis bakar, cilok bakar, aneka minuman jajanan khas kota dingin lainnya. Suasana lebih gemerlap dan semarak lagi saat malam hari. Aneka lampion dengan bentuk sayur, buah dan hewan menambah warna dalam gelap malam. Lampu-lampu dari kendaraan yang melintas juga meraimakan suasana malam di alun-alun. Tak ketinggalan alunan music dari band-band di beberapa café turut memeriahkan suasana alun-alun.

Jika anda berkunjung ke kota Batu, jangan lewatkan untuk berkunjung ke alun-alun, nikmati germerlap malam serta aneka kuliner yang akan menggoyang lidah anda.

About the Author

Leave a Reply

*